Friday 11 February 2011

Tentang Opera Mobile

Opera Mobile merupakan browser web untuk smartphone dan personal digital assistant (PDA) yang dikembangkan oleh perusahaan Opera Software. Versi pertama dari Opera Mobile ini dirilis pada tahun 2000 untuk Psion Seri 7 dan netBook. Saat ini, Opera Mobile tersedia untuk berbagai perangkat yang menjalankan Windows Mobile, atau S60 dan UIQ user interface dari systemOpera operasi Symbian Mobile 10 telah dirilis ke operator dan OEM pada tanggal 10 Desember 2009 sebagai versi direct-to-distributor dan tersedia di situs Opera pada tanggal 16 Maret 2010. Ini tersedia di Android, BREW, Windows Mobile, smartphone Symbian/S60 dan adalah pengembangan untuk perangkat Maemo.
Perangkat pertama untuk menjalankan edisi mobile Opera adalah Psion Seri 5, Seri Psion 5mx, kemudian Psion Seri 7 dan netBook Psion. Mereka berlari Opera Mobile 3.6, yang dirilis pada tahun 2000.
Opera Mobile adalah porting ke sistem operasi Windows Mobile pada tahun 2003.
  • Versi 6.0 adalah rilis awal.
  • Pada tanggal 25 Juni 2003, update pertama datang dalam bentuk versi 6,01, yang merupakan update minor, terutama memperbaiki bug.
  • Versi 6.10, dirilis pada tanggal 27 Oktober 2003, memperkenalkan beberapa perbaikan antarmuka pengguna dan kegunaan, jauh kinerja yang optimal, dan rendering halaman sedikit membaik. Ini juga merupakan versi pertama yang mendukung server proxy, halaman WAP, dan yang pertama akan dirilis dalam versi lokal untuk 9 bahasa yang berbeda.
  • Pada tanggal 13 Juli 2005, hampir dua tahun setelah iterasi sebelumnya, versi 8.0 diluncurkan. Versi ini adalah yang pertama membutuhkan Symbian OS 7 (yang sebelumnya bisa berfungsi dalam Symbian 6.1). Versi ini memperkenalkan Opera Mobile Accelerator, suatu teknologi yang digunakan sebuah server eksternal Opera-lari ke langsing-down konten halaman 'untuk mengurangi lalu lintas pada ponsel. Ini juga merupakan versi pertama untuk mendukung HTML dinamis, dan sangat meningkatkan kompatibilitas dengan standar beberapa web.
  • Pada tanggal 14 November, 2005 versi 8.5 diperkenalkan. Versi ini memperkenalkan manajemen password dan fungsionalitas auto-mengisi formulir, ditambah beberapa bahasa lagi untuk versi lokal, dan membuat beberapa perbaikan untuk stabilitas dan mengurangi kualitas rendering layar.
  • Pada tanggal 5 April 2006, versi 8.6 dirilis dan juga versi pertama untuk mendukung Symbian OS 9. Baru di versi ini adalah kemampuan untuk mendukung multi windows browsing, dukungan untuk Scalable Vector Graphics, pengenalan autocompletion URL sebagai perubahan beberapa juga dalam aspek kustomisasi. Ini juga merupakan versi pertama dari Opera Mobile yang memungkinkan untuk membuka kemungkinan untuk mengkonfigurasi sebagai browser default perangkat, memungkinkan untuk itu yang akan diluncurkan setiap kali sebuah halaman web diminta untuk dibuka.
  • Versi 8.65 ini dirilis pada tanggal 29 Agustus 2006, yang sebagian besar makeover menyambut dan optimasi untuk kemudian dianggap dewasa 8,60.
  • Opera Mobile 9.0 diumumkan pada bulan Februari 2007 dengan daftar fitur yang direncanakan, "segera" spanduk dalam situs resmi Opera Mobile, dan pengumuman resmi di Opera Forum. Dengan alasan yang diberikan, versi 9.0 dibatalkan, semua referensi tersebut menyapu dari situs Opera dan 8,65 kembali menjadi versi terbaru, yang diberi refresh sangat sedikit dalam bentuk baru membangun yang menawarkan beberapa fitur tidak-terlihat , beberapa dari mereka platform-dependent.
  • Pada tanggal 5 Februari 2008, Opera Mobile 9.5 diumumkan [9] dan telah diberikan jangka waktu beberapa rilis estimasi, masing-masing yang telah diam-diam diabaikan dengan yang baru yang ditetapkan setelah itu. Sebuah versi beta awal Opera Mobile 9.5 dirilis pada tanggal 17 Juli 2008, meskipun platform hanya didukung oleh versi ini adalah Windows Mobile.
  • Sebuah rilis beta kedua dari Opera Mobile 9,50 dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2008, termasuk dukungan untuk Opera Widgets, dan menambahkan UIQ3 Symbian sebagai platform lebih lanjut. Dengan rilis ini, versi terbaru dari Opera Mobile untuk Symbian S60 tetap 8,65.
  • Pada tanggal 26 Maret 2009, Opera mengumumkan bahwa tidak akan ada versi final dari Opera mobile 9.5. Sebaliknya mereka akan flip ke mengembangkan 9,7 karena perubahan tata letak mesin Presto.
  • Pada tanggal 8 Juni 2009, Opera Mobile 9.7 beta dibuat tersedia untuk di-download. Hal ini memperkenalkan mesin rendering baru Presto 2.2 dan Opera Turbo. Fitur lain direncanakan untuk 9,7 merupakan manajer Widget diperbaiki, Google Gears dan dukungan OpenGL ES.
  • Pada tanggal 2 November 2009, Opera Mobile 10 beta untuk Symbian S60 dibuat tersedia untuk di-download, olahraga antarmuka pengguna dirubah dan peningkatan kinerja.
  • Pada tanggal 10 Desember 2009, Opera Mobile 10 diluncurkan ke operator dan OEM. Ini termasuk baru, cross-platform Opera kerangka UI yang menyatukan tampilan dan nuansa dari browser di semua platform menjalankan Opera Mobile atau Opera Mini.
  • Pada tanggal 12 Februari 2010, Opera Mobile 10 beta 3 telah diumumkan untuk Windows Mobile dan perangkat Symbian. Hal ini termasuk dukungan Flash Lite 3.1 serta pengenalan yang lebih baik untuk solusi masukan pihak ketiga dalam Windows Mobile. Ini juga menambahkan dukungan untuk Windows Mobile Standard (non-touchscreen) handset.
  • Pada tanggal 16 Maret 2010, Opera Software merilis versi final dari Opera Mobile 10.
Pada tanggal 11 Mei 2010, laboratorium Opera merilis preview membangun Opera Mobile 10 untuk Maemo, pratayang membangun memiliki fitur yang sama yang tersedia di Opera Mobile 10 untuk platform lain, tetapi menggunakan mesin baru Opera JavaScript (CODEC Carakan), serta baru vektor grafis perpustakaan (CODEC Vega)
Fitur
Opera Mobile menggunakan layout engine Presto dan mendukung banyak standar web, serta Ajax [10] Pada versi 9.7, dapat menggunakan Opera Turbo yang memampatkan halaman web via Opera Software server "Turbo", sehingga mengurangi ukuran download.. Karena halaman web yang dikompresi, waktu loading halaman ditingkatkan, dan konsumsi bandwidth berkurang hingga 80%. [11]
Browser dapat dinamis memformat halaman Web untuk layar kecil, menggunakan teknologi Screen Opera Kecil Rendering (SSR) dan teks-pembungkus.
Opera Mobile 10 termasuk "Speed Dial" fitur, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan link ditampilkan sebagai gambar kecil di halaman ditampilkan bila tab baru dibuka. Setelah diatur, fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah menavigasi ke halaman web yang dipilih, dan Visual tab, yang memungkinkan browsing beberapa situs Web pada satu waktu. Ini juga mencakup Password manager, pawang Pop-up, dan mendukung Copy & paste, auto-complete address, zooming, sejarah dan penanda
Browser dapat digunakan oleh baik sentuhan-jari atau menggunakan stylus pada layar sentuh atau dengan keypad dan dapat ditampilkan dalam modus potret dan lansekap.
Penghargaan
  • Smartphone dan PocketPC Majalah "Best mobile browser baik untuk Pocket PC berbasis Windows dan Smartphone" 2007 [12]
  • Mobile Gala "Program Terbaik untuk ponsel" 2004 [13]
  • Mobile Gala "Program Terbaik untuk komputer genggam" 2004 [13]
  • Tietokone majalah "Best Software Product of the Year" 2003 [13]

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India