Sunday 24 October 2010

New Media

Abad ke - 20 merupakan abad dimana teknologi berkembang sangat pesat,khususnya teknologi komputer dan komunikasi modern. Dan pada abad ini pula banyak media baru yang bermunculan contohnya internet. media baru merupakan gabungan dari media tradisional dan media elektronik. contohnya dulu kita ingin membaca koran kita harus membeli sebuah kertas yang berisi berita-berita yang dinamakan koran atau majalah. tapi sekarang kita bisa membaca berita bahkan tanpa harus repot melipat-lipat ukuran koran yang besar agar nyaman dibaca,sekarang kita bisa membaca sebuah berita melalui sebuah media elektronik seperti handphone dan laptop dengan menghubungkannya pada sebuah internet.
handphone adalah alat komunikasi, baik jarak dekat maupun jarak jauh. alat ini merupakan komunikasi lisan atau tulisan yang dapat menyimpan pesan dan sangat praktis untuk dipergunakan sebagai alat komunikasi karena biasa dibawa kemana saja.
handphone atau telepon seluler atau ponsel dari dulu sampai sekarang telah mengalami perubahan baik teknologinya yang dulu hanya dapat untuk berbicara sekarang sudah dapat dipakai untuk bertukar data bahkan untuk memotret,sedangkan dari bentuk fisiknya mulai dari berat dan besar hingga yang seukuran korek api. dari semua perkembangan tersebut tetap saja dipertahankan teknologi dasarnya yaitu menerima sinyal dan mengirim sinyal. teknologi seluler merupakan gabungan dari beberapa penemuan teknologi sebelumnya. antara lain dari penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell tahun 1876. sedangkan radio oleh Nikolai Tesla tahun 1880 yang kemudian pada tahun 1894 secara formal dikenalkan orang italia bernama Guglielmo Marconi.
perkembangan handphone atau ponsel dari dulu sampai sekarang telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. dari mulai bentuk yang besar sampai sekarang ada yang sebesar kartu ATM pun ada. dan dari mulai ponsel pertama yang hanya berbasiskan tampilan monokrom atau tampilan seperti kalkulator sampai ada yang berbasis sistem operasi komputer mini. dan sekarang pun sistem operasi untuk ponsel telah banyak terbuat dan tersebar di seluruh dunia,contohnya : Java Base, Symbian,Windows mobile,dan sekarang pun telah muncul sistem operasi untuk ponsel bernama Android.
jadi intinya adalah bahwa media baru jaman sekarang yaitu merupakan media yang membutuhkan komunikasi dua arah antara pengirim dan penerima (receiver) harus saling berhubungan. bukan hanya 1 arah saja seperti media tradisional jaman dulu.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India