Wednesday 24 March 2010

BELAJAR SANTAI TAPI EFEKTIF

Sebenernya tiap orang punya cara yang beda-beda dalam belajar, bahkan ada yang cara belajarnya adalah dengan tidak belajar sama sekali. Tapi yang ini jangan di tiru, sama aja bunuh diri.
Hal pertama yang harus kamu lakuin adalah memilih waktu yang tepat buat belajar. Kebanyakan orang memilih malam hari sebagai waktu buat belajar, bahkan ada yang sampai pagi. Padahal sebenernya malam hari itu adalah waktu untuk istirahat, bukan waktunya beraktifitas, jadi ada kemungkinan fisik kamu gak siap buat belajar dan akibatnya jadi susah konsentrasi. Alternatif waktu yang bisa di pilih adalah pagi hari atau siang hari, sebab di kedua waktu ini tubuh masih dalam kondisi prima dan segar, jadi lebih gampang buat fokus.
Yang kedua adalah ciptakan suasana yang nyaman ketika belajar, misalnya, belajar di ruangan ber-AC, kalo kamu emang hobi ngemil, gak ada salahnya juga nyiapin berbagai macam camilan sebagai teman belajar, atau bisa juga dengan memasang musik yang gak terlalu upbeat sehingga suasananya jadi tenang.
Beberapa orang memang lebih nyaman belajar sendirian, tapi gak ada salahnya juga kamu nyobain belajar kelompok, agar bisa tuker-tuker pengetahuan yang gak ada di buku pelajaran. Terus, supaya apa yang di pelajari bisa tambah nempel di kepala, coba ketik ulang materi yang udah kamu pelajari di kelas dengan komputer. Dengan mengetik, berarti kamu membaca sekali lagi materi pelajaran itu, dan ini akan membuat materi itu tersimpan lebih lama dalam otakmu. Lebih bagus lagi kalau hasil ketikannya kamu baca lagi, jadi materinya emang bener-bener nempel.
Yang paling penting adalah niat. Kalo kamu emang gak niat belajar, apapun suasana dan caranya, gak akan bisa bikin kamu konsentrasi. Tanamkan niat dalam diri kamu bahwa apa yang kamu pelajari ini bukan sekedar hanya untuk dapat menjawab soal-soal ujian aja sehingga kamu bisa lulus dengan nilai yang baik. Kamu harus niatkan bahwa ini adalah salah satu momen paling penting dalam hidup yang akan menentukan masa depanmu. Jangan lupa juga  berdoa sebelum dan sesudah belajar. Manusia bisa berusaha, tapi hanya Tuhan yang bisa menentukan segalanya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India