Saturday 27 March 2010

Peringkat nama bayi tahun 2009 di Jepang


Setiap tahun sejak tahun 2005, Benesse Corporation mengeluarkan peringkat nama bayi di Jepang di website Tamahiyo. Data tahun 2009 telah dipublikasikan di website tersebut, diambil dari data mulai bulan Januari hingga November 2009 terhadap sekitar 40 ribu bayi yang lahir di tahun 2009. Untuk bayi laki-laki, nama terbanyak yang digunakan adalah Hiroto, sedangkan bayi perempuan adalah Rin. Nama Hiroto sendiri sudah menjadi peringkat tertinggi nama bayi laki-laki 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2006.
Peringkat pertama nama bayi laki-laki Hiroto dan perempuan Rin menunjukkan bahwa nama-nama bayi yang mempunyai arti kekuatan terhadap kondisi sosial akhir-akhir ini yang tidak kondusif sangat populer. Kalau kita melihat lebih detil dari cara membacanya, semakin banyak nama bayi laki-laki dan perempuan yang menggunakan suku kata Ri seperti Riku, Rio, Riko dan Rin.
Dari segi penggunaan huruf kanjinya, nama-nama yang menggunakan huruf kanji yang dulu sering dipakai mulai sedikit demi sedikit naik peringkatnya. Untuk laki-laki, nama bayi yang menggunakan huruf Ro naik ke peringkat 10 besar, peringkat pertama adalah Ta, sedangkan untuk perempuan nama bayi yang menggunakan huruf Ko naik ke peringkat 11, peringkat pertama adalah Mi.
Selain itu, dengan populernya nama-nama Sejarawan dan pejuang akhir-akhir ini, nama-nama yang menggunakan huruf Sho dan Shi juga populer. Selain itu, nama-nama olahragawan dan artis yang terkenal seperti Ryo, Sakura, Eita, Haruma, Nana dan Juri juga semakin banyak digunakan.
Peringkat nama bayi di Jepang bisa dilihat di bawah ini (peringkat di dalam kurung adalah peringkat tahun sebelumnya). Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat di website http://tamahiyo.jp/name/.
Peringkat nama bayi laki-laki :
  1. Hiroto (1)
  2. Shota (6)
  3. Ren (2)
  4. Sota (8)
  5. Sora (10)
  6. Yuto (3)
  7. Yuto (4)
  8. Yuma (9)
  9. Eita (24)
  10. Sho (13)
Peringkat nama bayi perempuan :
  1. Rin (4)
  2. Sakura (8)
  3. Hina (3)
  4. Yua (5)
  5. Yuna (6)
  6. Miu (7)
  7. Yui (2)
  8. Aoi (1)
  9. Miyu (14)
  10. Misaki (11)

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India