Java lanjutan mempelajari cara-cara desain user-interface dalam program-program GUI (Graphical User Interface). Bahasan difokuskan ke penggunaan komponen-komponen Swing beserta API (Application Programming Interface) yang terdapat di dalamnya.
Objek-objek dalam java diantaranya adalah
JPanel = objek yang digunakan sebagai tempat component
JCheckBox = untuk menampilkan beberapa item pilihan yang dapat dipilih lebih dari satu
JButtonGroup = objek yang digunakan untuk pengelompokan beberapa objek
JLabel = objek yang digunakan untuk menampilkan text di dalam form
JTextField = objek yang digunakan untuk menginput data / text di dalam form
JButton = objek yang digunakan untuk memberikan perintah
JRadioButton = objek yang digunakan untuk menampilkan pilihan dan yang dapat dipilih hanya satu. Biasanya dibuat dalam group
Perintah-perintah dasar dalam java
Super = untuk menampilkan caption dalam form
SetBounds = untuk menentukan letak form dan ukurannya
SetVisible = untuk menampilkan atau menutup form
ShowMessageDialog = untuk menampilkan kotak pesan
Ada 3 point penting yang harus diterapkan dalam setiap event-handler, yaitu sebagai berikut:
Point 1
class MySwingApplication extends JFrame implements ActionListener {}
Kelas yang akan digunakan untuk menangani event (dalam hal ini, kelas MySwingApplication harus mengimplementasikan salah satu event listener) dalam kasus ini, kelas mengimplementasikan
ActionListener.
Point 2
Listener harus didaftarkan ke dalam objek yang akan diperankan sebagai event source (dalam hal ini, object button)
JButton button = new JButton("Klik aku!!");
button.addActionListener(this);
Point 3
Kelas yang mengimplementasikan salah satu listener harus mengimplementasikan method- method yang diperlukan sesuai dengan yang dideklarasikan pada interface listener yang digunakan. Dalam contoh kita gunakan interface ActionListener sebagai listener-nya sehingga kita perlu mengimplementasikan method actionPerformed()
Secara umum program yang dibuat dalam Java menggunakan metode menangkap kejadian yang dilakuka pada objek-objek yang ada pada form (misalnya tombol di-klik atau radiobutton di pilih, dsb). Sehingga ada 2 pengelompokan besar yang harus dipahami dalam membuat program:
1) Event Source
Yaitu suatu objek yang membangkitkan event (kejadian). Contohnya ketika objek tombol (JButton) di-klik maka JButton dianggap sebagai event source (sumber kejadian). Kejadiannya sendiri dapat berupa keluar form, menjumlahkan 2 buah textfield atau membersihkan textfield. Agar dapat membangitkan suatu kejadian, event source harus mendaftarkan listener atau event listener (perekam kejadian).
Contoh
JButton bhitung = new JButton("Hitung"); //definisi event source JButton
bhitung.setBounds(10,70,20,20); //ukuran JButton
bhitung.addActionListener(this); //mendaftarkan listener
Objek event source pada Java
JButton
JCheckBox
JRadioButton
JChoise
JList
2) Event Listener
Adalah objek yang diberitahu pada saat suatu event terjadi pada event source. Event listener diimplementasikan ke dalam bentuk method dalam suatu interface. Sebagai contoh interface ActionListener mendeklarasikan sebuah method dengan nama actionPerformed().
0 comments:
Post a Comment